Apa Itu DOS - Disk Operating System


Disk Operating System atau DOS adalah sebuah sistem operasi komputer yang memakai interface command – line dan sering digunakan pada tahun 1980-an. DOS merupakan sebuah sistem operasi yang dipakai untuk mengelola semua sumber daya yang ada pada komputer. 

Para penggunanya berinteraksi dengan DOS dengan cara memberikan perintah-perintah menggunakan keyboard komputer. Penggunanya harus mengetikan perintah dengan keyboard, lalu perintah yang diberikan akan diterjemaahkan oleh sistem DOS sesuai dengan fungsi perintah tersebut. 

Perintah yang ada pada DOS misalnya seperti nama file program yang ber-extension atau berakhiran .bat, .exe, dan lain-lain. Selain mengetikan nama-nama file dari program perintah, DOS juga biasanya digabungkan dengan berbagai macam prameter yang dimana penulisan prameter tersebut setelah nama file program. 

Adapun beberapa fungsi dari DOS yang diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Untuk mengendalikan atau men-organisasikan kegiatan komputer.
  • Untuk mengatur proses-proses input dan output data pada komputer.
  • Untuk mengatur memori komputer.
  • Untuk management file dan juga directory.
Dan masih banyak lagi fungsi dari DOS yang masih digunakan sampai saat ini, salah satunya dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada perangkat keras komputer. Demikianlah yang dapat saya share dan semoga dapat bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment