Penyebab Tubuh Sering Mengantuk Dan Lemas

Ilustrasi Orang Lelah Dan Resah
Biasanya ketika melakukan aktivitas, kita diharuskan untuk selalu bersemangat dan juga optimal dalam melaksanakannya. Namun demikian, ada beberapa saat dimana kita tidak dapat melakukan aktivitas kita dengan semangat, yang disebabkan oleh kondisi tubuh yang mengantuk dan juga lemas. 

Kondisi tubuh yang sering mengantuk dan juga lemas sebenarnya adalah normal, meskipun terkadang harus mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Lalu sebenarnya, hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan tubuh kita menjadi terasa lemas dan juga sering mudah merasa mengantuk? 

Berikut ini adalah beberapa penyebab sering mengantuk dan lemas pada tubuh kita :

1. Terlalu banyak beraktivitas
Salah satu penyebab sering mengantuk dan lemas yang terjadi pada tubuh kita adalah aktivitas yang berlebihan. Ketika melakukan suatu aktivitas secara berlebihan, secara alami tubuh kita akan merasa lelah dan lemas, karena kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan terbakar. Apabila dianalogikan seperti kendaraan bermotor, rasa mengantuk dan juga lemas yang sering muncul tersebut disebabkan oleh bahan bakar kita yang telah habis akibat aktivitas yang berlebihan yang dilakukan.

2. Kekurangan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh
Selain itu, penyebab lainnya dari rasa mengantuk dan juga lemas dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kalori dan berbagai macam kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Kekurangan dari kalori dan juga zat gizi ini tentu saja sangat berpengaruh untuk melakukan aktivitas, dan apabila kekurangan kalori dan zat gizi ini terjadi, maka anda akan merasa lemas dan juga mengantuk.
Maka dari itu, untuk mengoptimalkan asupan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh anda dapat melakukan beberapa hal berikut :
  • Wajib melakukan sarapan atau makan pagi
  • Minum suplemen yang mampu meningkatkan asupan vitamin dan juga zat gizi tubuh
  • Jangan trlalu banyak beraktivitas.
3. Terlalu banyak makan
Tidak hanya kurang makan dan kurang kalori, ternyata fakta dan juga hasil penelitian juga mengatakan apabila anda mengalami kelebihan asupan makanan yang mengandung kalori alias makan berlebihan, malahan akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. Nah, maka dari itu, anda pun juga harus mampu untuk mengontrol asupan kalori yan gmasuk ke dalam tubuh anda, agar anda tidak merasakan ngantuk dan juga lemas dalam beraktivitas.

4. Dehidrasi
Selain urusan asupan kalori, hal lainnya yang dapat menyebabkan sering mengantuk dan juga rasa lemas pada tubuh anda adalah dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu gejala tubuh yang mengalami kekurangan atau defisit cairan, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak optimal. Selain itu, kondisi tubuh akibat kurang minum juga dapat berakibat pada menurunnya konsentrasi dan fokus. Tentu saja akan membuat anda menjadi sulit untuk melakukan berbagai macam aktivitas anda dengan baik.

5. Menurunnya suplai oksigen ke otak
Suplai oksigen yang menurun merupakan penyebab rasa mengantuk lemas pada tubuh anda. Menurunnya suplai oksigen terutama dapat membuat fungsi dan juga kerja dari otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya adalah dapat menyebakan kantuk dan juga lemas.
Biasanya, kondisi suplai oksigen ke otak yang menurun ini disebabkan karena adanya beberapa penyebab umum. Penyebab umum tersebut antara lain :
  • Dehidrasi
  • Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh
  • Sesak nafas
  • Tekanan darah rendah
6. Insomnia, gangguan tidur dan juga kurangnya waktu tidur
Anda pasti juga sdah sering mendengar tentang apa insomnia. Ya. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur, dimana penderitanya tidak dapat memejamkan matanya untuk tidur pada malam hari karena satu dan lain hal. 

7. Anemia
Apabila ke – 6 penyebab sebelumnya dari mengantuk dan juga rasa lemas di dalam tubuh disebabkan oleh kondisi disiologis dan juga lingkungan, maka ada pula penyebab dari dalam tubuh yang dapat menyebakan sering mengantuk dan juga lemas. Hal pertama adalah anemia atau yang sering disebut dengan kekurangan darah. 

Anemia merupakan suatu penyakit atau kondisi yang memiliki gejala-gejala utama 5 L, yatu Lemah, Lelah, Lemas, Letih dan juga Lesu. Biasanya anemia disebabkan karena kurangnya zat besi di dalam tubuhm sehingga membuat ondisi tubuh menjadi mudah terasa lemas.

8. Tekanan darah Rendah
Tekanan darah rendah berbeda dengan anemia. Apabila pada anemia, penderitanya mengalami kekurangan darah, maka pada kondisi tekanan darah rendah, penderitanya memiliki tekanan darah yang rendah yang berada di bawah tekanan darah normal.

9. Kanker
Mungkin inilah salah satu penyakit yang berbahaya dan juga paling ditakuti. Celakanya, hampir semua kanker menimbulkan gejala lemas pada tubuh. Nah, apabila anda mengami gejala lemas pada tubuh yang sangat sering terjadi dan juga ada rasa askit atau nyeri pada bagian tubuh tertentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

10. Diare

Nah, itulah yang dapat saya share tentang Beberapa kondisi dan juga penyebab sering mengantuk dan lemas dan Semoga Bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment