Apa Itu iCloud - Pengertian iCloud

iCloud
Apa iCloud itu? Apa guna dan fungsi iCloud di iPhone? Dalam arti sederhana iCloud adalah layanan penyimpanan online dari Apple. Jadi kalau begitu iCloud itu hampir sama dengan Dropbox atau Google Drive? Yups, bener sekali, layanan iCloud tidak jauh berbeda dengan layanan Dropbox atau Google Drive, media online dimana kita bisa menyimpan berbagai dokumen, foto dan file lainnya, dan mengaksesnya dimana dan kapannya juga. 

Anda bisa menikmati fitur iCloud di iPhone atau iPad, penggunaannya pun cukup mudah, yang pertama tentu saja Anda harus login ke akun iCloud Anda. Masuk ke menu Setting – iCloud kemudian Sign in menggunakan Apple ID yang Anda pakai.


Selanjutnya ada pilihan media atau file apa saja yang akan disimpan di iCloud. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mail – layanan email iCloud dari Apple, dengan email icloud ini Anda bisa dengan mudah menerima email dari siapapun


Contact – Menyimpan contact/ phone book Anda di iCloud, sangat bermanfaat sekali karena contact Anda akan aman tersimpan di iCloud. Jadi meskipun nantinya Anda melakukan factory default/reset iPhone, contact Anda akan tetap aman tersimpan.


C
alenders – Anda punya jadwal atau rencana untuk kegiatan beberapa bulan ke depan, simpan rencana Anda tersebut di iCloud, Agar Anda bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun


Reminder – Demi kenyamanan, sebaiknya simpan reminder Anda di iCloud. Sehingga ketika iPhone Anda tertinggal di rumah, Anda masih bisa mengakses reminder tersebut secara online di komputer Anda.


Safari – Anda sering browsing di iPhone dan iPad menggunakan safari, lakukan proses sinkronisasi history sampai bookmark safari di iPhone dan iPad.


Notes – Simpan catatan penting Anda secara online di iCloud, sehingga Anda bisa mengaksesnya via iPad, iPhone atau iDevice lainnya dan bahkan lewat laptop Anda.


Photos – Upload foto-foto Anda secara otomatis ke iCloud, sehingga apabila suatu saat iPhone Anda error, Anda masih bisa melihat koleksi foto Anda via iPad ataupun iDevice lainnya.


Document & Data – Simpan Saved Game ataupun dokumen pentingnya lainnya di iCloud. Dengan fitur ini, ketika Anda bermain game (misalkan Clumsy Ninja) di iPhone, maka Anda tidak harus mengulang kembali game Clumsy Ninja tersebut dari awal ketika memainkannya di iPad, karena iPhone dan iPad Anda bisa share Saved game tersebut via iCloud.


Find My Phone – inilah fungsi iCloud yang paling penting, dimana Anda bisa melindungi iPhone Anda dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Dengan fitur ini juga, Anda bisa melacak keberadaan iPhone, saat Anda lupa menyimpan iPhone atau ketika iPhone Anda hilang.

Demikian yang dapat saya share tentang iCloud dan Semoga Bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment