Mengenal Lebih Dekat Tentang Virus Trojan

Virus Trojan Horse
Trojan terkenal dengan mode penyusupan dan penyamarannya, mereka jarang menimbulkan gejala dan bahkan mereka tidak mudah terdeteksi sebagai program jahat. 

Jenis-jenis Trojan horse dibagi dan diklasifikasikan berdasarkan bagaimana mereka menyerang sistem, target dan kerusakan apa yang ditimbulkannya. Berikut adalah jenis-jenis virus trojan horse :

1. Remote Access Trojan


Disingkat sebagai RAT,  adalah salah satu dari tujuh jenis utama dari Trojan horse dirancang untuk memberikan penyerang dengan kontrol penuh dari sistem korban. Penyerang biasanya menyembunyikan virus trojan horse ini dalam permainan dan program kecil lainnya yang tidak curiga pengguna kemudian dijalankan pada PC mereka.

2. Data Sending Trojan


Jenis Trojan horse ini merupakan program yang dirancang untuk mendapatkan data penting dari target serangan data-data penting tersebut seperti akun, password, informasi kartu kredit, file, log alamat e-mail atau lain sebagainya.

Trojan jenis ini dapat mencari serta mengirimkan data pada pc dan computer anda, atau mereka bisa menginstal keylogger dan mengirim semua penekanan tombol terekam dan kemudian dikirimkan kembali  informasi tersebut kepada penyerang atau yang sering disebut hacker /cybercrime yang merancang virus tersebut.

3. Destruktive trojan / trojan perusak


Trojan perusak merupakan Suatu jenis Trojan horse yang dirancang untuk menghancurkan dan menghapus file, dan lebih seperti virus dari yang lain Trojan. Hal ini sering tidak terdeteksi oleh software antivirus yang anda gunakan, apalagi apabila antivirus yang anda pakai tidak up to date.

4. Proxy trojan


Suatu jenis Trojan horse yang dirancang untuk menggunakan komputer korban sebagai server proxy . Hal ini memberikan penyerang kesempatan untuk melakukan segala sesuatu dari komputer Anda, termasuk kemungkinan melakukan penipuan kartu kredit dan kegiatan ilegal lainnya, atau bahkan menggunakan sistem anda untuk memulai serangan berbahaya terhadap jaringan lain.

5.  File Transfer Protocol (FTP)


Suatu jenis Trojan horse dirancang untuk membuka pelabuhan 21 (file transfer protokol) dan memungkinkan penyerang terhubung ke komputer anda menggunakan File Transfer Protocol (FTP).

6. Security software disabler Trojan


Suatu jenis Trojan horse berhenti dirancang atau membunuh keamanan program seperti program antivirus atau firewall tanpa pengguna mengetahui. Jenis Trojan ini biasanya dikombinasikan dengan jenis lain dari Trojan sebagai payload.

7. DoS attack


Denial of Service attack atau Serangan DoS, merupakan jenis serangan pada jaringan yang dirancang untuk membawa jaringan down dengan membanjiri lalu lintas. Banyak serangan DoS, seperti Ping of Death dan Teardrop serangan, memanfaatkan keterbatasan dalam TCP / IP protokol. Untuk semua serangan DoS dikenal, ada perbaikan perangkat lunak administrator sistem dapat menginstal untuk membatasi kerusakan yang disebabkan oleh serangan. 
Demikian yang dapat saya share tentang Mengenal Lebih Dekat Tentang Virus Trojan. Semoga Bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment