Apa Itu Investasi? Sedikit Penjelasan Tentang Investasi

Investasi

Di era modern seperti saat ini, Investasi telah menjadi lahan bisnis baru yang menjanjikan. Di dunia yang semakin hari segala sesuatunya semakin berkembang ini, investasi sudah menjadi hal yang dicari dan dijalankan oleh banyak orang. Tak hanya uang yang bisa diinvestasikan, saat ini emas, properti, apartemen, bahkan obligasi bisa dijadikan bahan atau modal untuk investasi. Itu yang menyebabkan cakupan investasi semakin hari semakin meluas.

Sebenarnya ada beberapa jenis atau macam investasi. Dan sebagian orang hanya tahu tentang investasi dan belum mengerti tentang investasi yang sebenarnya. Dalam berinvestasi, secara umum ada dua macam jenis aset, yaitu aset riil dan aset finansial. Aset Riil merupakan aset yang memiliki wujud. Misalnya yaitu tanah, emas, rumah, dan logam mulia yang lain. 

Berinvestasi di aset riil merupakan hal yang umum dilakukan sedangkan Aset finansial yaitu aset yang wujudnya tidak terlihat, tetapi tetap memiliki nilai yang cukup tinggi. Pada umumnya aset finansial ini terdapat di dunia perbankan dan juga di pasar modal. Di Indonesia dikenal dengan Bursa Efek Indonesia. 

Beberapa contoh dari aset finansial misalnya instrumen pasar uang, saham, reksa dana dan obligasi. Kedua aset ini sama-sama bisa dipertimbangkan sebagai sarana investasi dalam rangka mencapai tujuan keuangan yang Anda inginkan. Dalam berinvestasi, ada beberapa yang harus diingat bahwa selalu ada risiko akan kehilangan modal. Oleh karena itu, sangat perlu mengetahui dengan benar aset-aset yang cocok Anda pilih untuk berinvestasi sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Demikian yang dapat saya share tentang Investasi. Semoga Bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment