Trik Mengatasi Laptop / Komputer Lemot

Ilustrasi @komputer lemot
Mungkin anda dibuat pusing dan bingung karena laptop / komputer anda lemot, loadingnya lama, sehingga anda akan menunggu lama sampai loadingnya selesai. Mungkin juga laptop / komputer anda mengalami not responding atau mungkin juga sampai hang. 

Nah, yang perlu anda lakukan adalah segera mungkin mengatasi masalah tersebut agar laptop anda dapat bekerja maksimal. Berikut ini akan saya rangkum beberapa Trik dan Tips yang dapat dicoba untuk mengatasi Laptop / Komputer yang lemot. Langsung saja :
  1. Menginstall program terlalu banyak / program yang ukuran besar dapat membuat laptop menjadi lemot/ lambat,  Jadi jangan terlalu banyak menginstall program-program yang tidak penting. Jika lapop anda lemot, solusinya uninstall program yang tidak penting / yang tidak dibutuhkan.
  2. Menambah Random Access Memory / RAM, karena RAM ibarat sebuah sumber energi, jika kecil maka akan bekerja lambat, jika besar maka akan bekerja lebih cepat.
  3. Periksa kondisi hardisk. Apabila hardisk mengalami kerusakan/ bad sector biasanya akan mengakibatkan kinerja komputer / laptop menjadi lemot. Jadi solusinya bisa dengan memperbaiki bad sector atau dapat juga dengan membeli hardisk baru.
  4. Mungkin laptop anda terken virus? Solusinya adalah instal antivirus yang telah terupdate dan ampuh. Setelah itu lakukan scan pada laptop anda.
  5. Laptop lemot kemungkinan dikarenakan Sistem Operasi yang corrupt / mulai rusak. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan merepair sistem operasi atau lakukan instal ulang.
  6. Salah satu cara alternatif yang dapat anda gunakan untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan melakukan defrag hardisk. Lakukan defrag hardisk satu bulan dua kali. Tujuannya yaitu supaya file-file yang di hardisk tertata dengan rapi dan cepat alam mengakses data.
  7. Jangan sampai hardisk penuh, Hindari pemakaian hardisk hingga full.
Demikian yang dapat saya share tentang Trik Mengatasi Laptop / Komputer Lemot. Semoga Bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment