5 Cara Mengatasi PC Restart atau Mati Sendiri Saat Bermain Game

5 Cara Mengatasi PC Restart atau Mati Sendiri Saat Bermain Game

Cara ampuh mengatasi pc restart sendiri - pernahkan kamu mengalami tiba - tiba pc kamu restart atau mati sendiri apalagi pada saat kamu asyik - asyik main games, bagaimana perasaan anda ? Ternyata kami juga pernah mengalami kejadian yang serupa entah tiba - tiba pc kami mati di saat seru - serunya bermain game Point Blank (PB), Battlefield 1, dan game lainnya. Rasanya sangat tidak menyenangkan apabila kita sedang asyik bermain game, tiba - tiba pc kita mendadak restart sendiri dengan layar monitor blank, yang bikin tidak enak pc nya ternyata masih hidup atau menyala.


Setelah kami mencari tahu dari berbagai sumber, akhirnya kami tahu bagaimana cara mengatasinya, nah pada kesempatan kali kami akan share 5 tips and triknya bagaimana cara mengatasi pc yang restart atau mati sendiri saat bermain game. Simak ulasan kami berikut ini :

1. Periksa RAM


Yang pertama coba kamu periksa RAM pada pc anda, apakah sudah berkarat atau kotor/berdebu ? Apabila RAM berkarat atau berdebu, bisa di bersihkan mengguanakan pembersih seperti kuas dan penghapus untuk digosokkan pada karat RAM. Jika cara kamu sudah melakukan cara tersebut, sekarang kamu coba hidupkan kembali pc kamu dan kamu lihat apakah pc sudah normal kembali untuk bermain game.

Jika masih belum normal, cobalah kamu  ganti RAM atau bisa tambah kapasitas RAM, misalnya yang sebelumnya berukuran 2 GB, ditambah menjadi 4 GB, karen game sekarang, membutuhkan RAM yang cukup besar.

2. Periksa VGA 


Cara mengatasi pc restart sendiri selanjutnya adalah bisa dengan cara mengecek VGA. Biasanya dari VGA (VGA external atau VGA yang bukan onboard) sama seperti halnya RAM, apalagi ada yang karat bisa dibesihkan.

Namun, di VGA ada perbedaannya, VGA card external ini biasanya mengalami panas. Coba kamu periksa fan-nya. apabila tidak berfungsi dengan baik, bisa kamu ganti fan yang baru atau jikaa fan tidak bermasalah, coba pakai thermal paste agar VGA menjadi agak sejuk.

3. Periksa Processor


Processor merupakan segala - galanya dari komputer atau processor bisa di sebut dengan otak komputer jika processor kamu overheating sangat tidak disarankan untuk dipaksakan melakukan aktifitas pada PC. Maka jika sedang bermain game, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu, setelah bisa kamu lanjutkan kembali. Guankanlah processor yang kecepatannya sudah di atas 3.0 GHz untuk hasil yang lumayan bagus saat bermain game

4. Periksa Power Supply (PSU)


Power supply juga termasuk bagian penting pada pc fungsinya untuk mengalirkan daya pada semua komponen pc. Jika kebutuhan pada pc 700 watt,  tetapi PSU yang kamu gunakan hanya memiliki 450 watt, maka siap - siap lah pc anda akan mengalam restart dan mati dengan sendirinya saat sedang bermain game atau aktivitas yang lainnya.

Solusinya mengatasi pc restart sendiri apabila PSU bawaan atau PSU berdayah rendah, maka anda disarankan untuk mengganti dengan PSU yang baru yang dayanya jauh lebih besar dari sebelumnya. Untuk mereknya gunakan merek - merek yang terpecaya, seperti halnya AcBel, Antec, CORSAIR, FSP, TAGAN, THERMALTAKE, dan XIGMATEX.

5. Periksa Program atau Aplikasi



Beberapa OS (Windows, Linux, Mac dan lainnya) biasanya ada yang support dan tidak untuk menjalankan sebuah aplikasi, program, atau pun aplikasi game. Apabila anda ada masalah pc anda restart sendiri saat menjalankan program, maka solisinya instal ulang sistem operasi.

Terkadang ada beberapa program yang juga nge crash atau error, jika yang bermasalah seperti game Point Blank, maka instal ulang, update atau ambil filenya dari internet, karena biasanya game tersebut open source , gratis di gunakan dan atau untuk dipublikasikan. Beberapa dengan aplikasi lain yang harus benar - benar asli. 

Jadi itulah beberapa cara bagamana mengatasi PC yang sering restart atau mati sendiri saat bermain game. Apabila cara di atas sudah kamu lakukakn tapi juga berhasil, maka cara yang lainnya adalah membongkar dan servis PC kamu sendiri, Selamat mencoba !
Previous
Next Post »
Thanks for your comment