Komputer atau Laptop Jarang Di Matikan, Bahayakah ?



Komputer Jarang DI Matikan, Bahayakah ? - Orang IT tidak akan pernah lupa dengan yang namanya Komputer atau juga Laptop, apalagi anda seorang pekerja kantoran, programmer, dan lain - lainnya yang tidak akan luput dengan yang namanya komputer atau laptop. Perangkat komputer dan laptop yang kamu miliki saat ini bukanlah barang yang murahan. Kebanyakan jaman sekarang semua orang sudah menggunakan komputer atau lapotp, baik digunakan untuk belajar, mengerjakan tugas, mencari sebuah informasi, bermain games, sampai berkerja pun sekarang menggunakan komputer atau laptop, dan yang terutama bagi anda yang sedang sibuk dengan tugas kuliah atau yang sehari - harinya berurusan dengan dokumen - dokumen perkerjaan, nah di situ kadang kita lupa untuk memperhatikan komputer atau laptop kita sampai - sampai kadang kita memperlakukan komputer atau laptop kita dengan baik. 

Salah satunya yaitu jikalau kita mematikan sebuah perangkat komputer atau laptop, dan setiap orang pasti mempunyai caranya masing - masing serta kebiasaan yang berbeda dalam hal yang satu ini. Terkadang ada yang selalu mematikan perangkat komputer atau laptop sepenuhnya atau bisa dibilang (shut down), dan ada juga yang lebih suka mendiamkannya atau mengistirahatkannya sementara (sleep), dan ada juga yang lebih suka meng (hidernate).

Dari ketiga kebiasaan di atas dimanakah kebiasaan anda ? Lalu apakah ada bahayanya apabila anda termasuk salah seorang yang mempunyai kebiasaan tersebut ? tidak ada jawaban pasti, sebab semuanya tergantung pada kebutuhan pemakai serta perangkat itu sendiri.

Bahkan website Fossbytes menyebut ada beberapa faktor yang menentukan apakah perangkat komputer alias laptop lebih baik dimatikan alias sekedar sleep serta hibernate. Semuanya tergantung situasi serta keadaan.


Kebutuhan Penggunaan atau Pemakaian Perangkat

Pertama adalah sesuaian dengan  kebutuhan pengguanaan perangkat. Anda bisa melakukan shut down jikalau pekerjaan anda di komputer atau laptop tersebut sudah selesai. Apabila anda tidak akan menggunakannya kembali ada baiknya anda mematikannya secara total adalah pilihan yang tepat.

Jikalau pekerjaan anda di perangkat masih belum selesai dan masih ingin melanjutkannya kembali dalam waktu dekat, maka anda direkomendasikan untuk menggunakan mode Sleep. Mode ini dirasa sangat tepat, karena hanya memeritahkan perangkat untuk masuk ke daya rendah. Jadi, semua pekerjaan anda yang belum selesai bisa langsung anda lanjutkan kembali begitu perangkat diaktifkan. 
Jika anda berada pada posisi ingin melanjutkan pekerjaan yang sebelumnya belum selesai, tapi dalam janka waktu yang sangat lama, maka direkomendasikan untuk menggunakan mode hibernate. Hampir sama seperti sleep, mode hibernate yang berasal dari kata hibernasi (tidur panjang), juga akan memungkinkan untuk perangkat mempertahankan aplikasi yang sedang anda gunakan meski dimatikan waktu lama.  

Seri Perangkat Yang Di Guanakan 

Kedua adalah dari segi perangkat. Beberapa seri komputer atau laptop baru sekarang dirancang sedemikian rupa untuk memungkinkan penggunaan yang jangka panjang tanpa harus kita matikan secrara penuh. Artinya, tidak akan ada masalah jikalau kamu termasuk ke tipe yang jarang bahkan tidak pernah mematukan komputer atau laptop sama sekali. 

Meski begitu, ternyata masih ada beberapa masalah yang bisa saja timbul jika perangkat tidak pernah dimatikan sama sekali.

Dari segi software  atau aplikasi yang anda gunakan, terkadang ada beberapa software yang apabila kita gunakan lama - kelamaan akan menjadi berat dan biasanya terjadi yang namanya lemot pada komputer atau laptop kita karena banyaknya junk yang terus - menerus menumpuk akibat dari perangkat yang kita gunakan tidak pernah dimatikan. Sedangkan

Dari segi hardware sendir, sama halnya dengan software. Mempertahankan sebuah kondisi layanan dan aplikasi yang sedang anda bukak atau anda gunakan tentu membutuhkan kapasitas peyimpanan  yang baik. Apabila terus - menerus menumpuk karena perangkat yang tidak pernah dimatikan total, maka hardware anda lama kelamaan akan penuh dan dipaksa untuk berkerja lebih keras lagi demi memperthanankan software yang sedang anda jalankan. Jadi, ada baiknya untuk sesekali mematikan perangkat komputer atau laptop kamu, buka ?  


Previous
Next Post »
Thanks for your comment