10 Manfaat Buah Apel Bagi Tubuh dan Kesehatan

BUAH APEL
Manfaat Buah Apel memang menakjubkan, buah yang satu ini selain memiliki warna yang menarik dan rasa yang enak tetapi memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh manusia. Apel dikenal sebagai buah yang memiliki warna merah menggoda meski sebenarnya tak semua apel memiliki warna merah ada hijau, kuning, dan hijau kuning kemerahan.

Kulit buahnya lembek mudah dikupas serta daging buahnya keras sehingga ada sensasi sendiri saat mengunyahnya. Selamat bertahun - tahun penelitian terhadap apel tak pernah berhenti oleh sebab itu penemuan baru mengenai manfaat buah apel terus diperbarui.

Penasaran seperti apa manfaat buah yang satu ini? Berikut kumpulan manfaat dari buah apel :
  1. Mencegah Kanker

  2. Apel bersifat sebagai anti-kanker yang tentunya sangat efektif untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker. Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research sepakat memberi pernyataan bahwa konsumsi flavonoid yang tersimpan banyak dalam buah apel dapat membantu menurunkan risiko terhadap penyakit kanker pankreas mencapai 23 persen. Di dalam kulit apel juga terdapat senyawa bernama triterpenoid yang melengkapi kinerja flavoanoid untuk mencegah pertumbuhan tiap sel kanker, potensi tersebut telah diidentifikasi oleh para peneliti dari Cornell University. Maka dari itu ketika hendak konsumsi apel, jangan buang kulitnya karena bagian tersebut juga memberikan khasiat pada kesehatan.
    Karena buah apel juga kaya akan serat (sekitar 4 gram) dalam ukuran sedang, penyakit kanker kolorektal dapat dikalahkan cukup rutin makan buah ini tiap harinya.

  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

  4. Apel mengandung anti-oksidan yang dikenal dengan flavonoid dan quercetin, terutama pada apel dengan kulit merah. Salah satu antioksidan tersebut, tepatnya quercetin akan meningkatkan sistem imun manusia untuk membangun tameng alami dari virus penyebab penyakit.

  5. Merawat Gigi

  6. Dengan mengkonsumsi apel setiap hari maka gigi Anda akan senantiasa bersih, bakteri dan virus perusak gusi dan gigi bisa dihilangkan dengan konsumsi apel.

  7. Mencegah Asma

  8. Masalah pernapasan yang terjadi akibat rusaknya fungsi utama dari paru-paru ini telah mengidap banyak orang, karena itu asma dikatakan sebagai penyakit umum.
    Untuk mengurangi gejala asma dan mengobati secara perlahan, Anda bisa memanfaatkan buah apel karena kandungan fitokimia dan polifenol nya membantu tubuh memulihkan asma.

  9. Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

  10. Buah apel mampu menurunkan tingkat kolesterol dan karena itu bermanfaat untuk fungsi kerja jantung.

  11. Meningkatkan Kesehatan Kulit

  12. Kulit merupakan bagian pelindung tubuh manusia dan juga sebagai organ kecantikan. Bagi wanita kulit adalah mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Untunglah apel memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kulit sehingga dengan mengkonsumsi apel setiap hari maka dapat menyehatkan kulit agar tetap cantik dan berseri. Tak hanya kulit tubuh, tapi kulit wajah juga menjadi lebih sehat. Maka tak jarang beberapa orang memanfaatkan apel sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan beberapa diantaranya juga memanfaatkan apel untuk menghilangkan bekas jerawat.

  13. Mencegah Anemia

  14. Anemia merupakan kondisi dimana darah kekurangan hemoglobin untuk meningkatnya kembali dibutuhkan asupan zat besi yang sangat kaya terkandung dalam buah apel.

  15. Mencegah Rematik

  16. Kandungan nutrisi pada apel sudah dipercaya sejak lama dapat mengobati rematik. Penyakit yang sering disebut asam urat ini sering menimpa orang lanjut usia. Namun, baru - baru ini jika tubuh tidak dijaga dengan pola hidup sehat usia 40an sudah ada yang terkena asam urat.

  17. Mencegah Osteoporosis

  18. Masa tua tidak bisa dihindari oleh seluruh umat manusia, jika saat ini muda cantik dan tampan suatu saat pasti mengalami masa tua yang keriput dan rapuh. Nah, baru - baru ini penelitian menyebutkan bahwa Buah Apel dapat melindungi tulang dari kerapuhan.

  19. Menetralisir Kadar Gula Darah

  20. Buah apel akan membantu menepis radikal bebas oksigen yang berpotensi besar menyebabkan diabetes. Ini dikarenakan tingginya kandungan serat larut dan pektin yang memiliki peranan sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat.
Itulah beberapa manfaat buah apel yang dapat saya share, sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah apel tersebut. Nah sekian, Semoga Bermanfaat! 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment