Review Tentang AMOS - Analysis Moment of Structural


Program Analysis Moment of Structural (AMOS) adalah salah satu program yang dirancang khusus untuk menyelesaikan Structural Equation Modeling (SEM). Sebenarnya juga banyak program lain yang serupa misalnya EQS, LISREL, LISCOMP, STATISTICA dan lain-lain.
Program ini dapat di download secara gratis di http://www.smallwaters.com meskipun hanya merupakan versi student. Versi student sebenarnya sama persis dengan full version, hanya mempunyai beberapa keterbatasan, di antaranya hanya dapat digunakan untuk delapan variabel saja.

Tentu saja penelitian yang sebenarnya akan lebih dari delapan variabel, sehingga anda harus membeli untuk mendapatkan full version. Jika anda membeli, akan akan diberi script yang jika anda masukkan ke dalam versi student, maka program AMOS versi student tersebut akan menjadi full version.

Kelebihan dari program AMOS adalah user friendly meskipun sebenarnya AMOS menggunakan notasi yang dikembangkan oleh LISREL. AMOS tidak mempunyai spreadsheet untuk tabulasi data, sehingga harus mengakses dari program lain, misalnya SPSS itu sendiri, Microsoft Excel atau ASCII.

AMOS tidak dapat digunakan untuk uji statistik lain yang sebenarnya sederhana, misalnya analisis deskriptif. Beberapa analisis SEM memang masih memerlukan uji seperti itu, misalnya untuk uji outliers.

Demikianlah yang dapat saya share dan semoga dapat bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment