Sekilas Tentang Yoga Dan Manfaatnya


Yoga merupakan sebuah latihan olah tubuh, napas dan meditasi yang berdasarkan 8 tangga kehidupan seperti Yama (ajaran tentang moral), Niyama (disiplin), Asana (postur), Pranayama (pengontrolan napas dengan teratur), Pratyahara (pelajaran tentang rasa), Dharana (konsentrasi), Dhyana (meditasi) dan Samadhi (pencapaian kesadaran tertinggi dari meditasi).

Banyak manfaat dari latihan yoga. Yoga tidak hanya mempengaruhi aspek fisik semata tetapi juga aspek mental dan spirit. Melakukan Yoga secara teratur diketahui sangat bermanfaat untuk membantu menghilangkan kelelahan fisik, mental serta menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. 

Berikut telah saya rangkum tentang manfaat Yoga untuk kesehatan tubuh :

1. Memperbaiki Pernapasan
Salah satu latihan utama Yoga adalah latihan menarik napas dalam-dalam dan bernapas secara perlahan. Latihan ini bermanfaat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan meningkatkan respon relaksasi tubuh.

2. Meningkatkan Kelenturan (Fleksibelitas)
Latihan Yoga membantu pergerakan otot, tendon, dan ligamen sehingga meningkatkan kelenturan tubuh dan jangkauan gerakan.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot
Latihan Yoga menggerakkan otot-otot tubuh dan membantu meningkatkan kekuatan otot. Latihan Yoga juga meningkatkan kekuatan ligamen sehingga mendukung sistem rangka tubuh yang kokoh.

4. Mengurangi Stress
Yoga dapat membantu mengurangi efek stress terhadap tubuh. Hal ini karena yoga mendorong relaksasi tubuh. Yoga juga dapat menurunkan jumlah kortisol dalam tubuh.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah
Latihan Yoga membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu mengendalikan tekanan darah dan laju denyut jantung.

6. Menyehatkan Sistem Kardiovaskular
Bahkan latihan Yoga yang paling sederhana dapat membantu mengurangi laju detak jantung sehingga meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Latihan Yoga juga membantu meningkatkan jumlah oksigen yang dihirup saat latihan.

7. Meningkatkan Konsentrasi
Latihan Yoga dapat meningkatkan koordinasi, keterampilan memori, waktu reaksi dan meningkatkan keterampilan konsentrasi.

8. Memperkuat Tulang
Banyak jenis latihan Yoga yang merupakan latihan beban bagi otot dan tulang tertentu terutama kaki dan tangan sehingga menjaga kepadatan tulang agar tetap sehat dan kuat.

9. Mengurangi Nyeri
Latihan Yoga secara teratur setiap hari dapat mengurangi sakit dan nyeri pada tubuh, seperti nyeri menstruasi, nyeri punggung, sakit kepala dan nyeri sendi.

10. Mengendalikan Berat Badan
Latihan Yoga teratur setiap hari membantu mengurangi level kortisol tubuh sehingga membantu pembakaran lemak tubuh. Hal ini akan membantu mengendalikan metabolisme tubuh dan mengendalikan berat badan.

Demikianlah yang dapat saya share dan semoga dapat bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment