Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

ilustrasi daun kemangi
Kemangi adalah tumbuhan yang gemar tumbuh ketika musim hujan mulai berlangsung. Tumbuhan ini memiliki pohon berukuran kecil menyerupai rumput. Tubuhnya diblut oleh bulu halus yang aman untuk disentuh. 

Didalam bunga kemangi, terdapat biji yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengganti biji selasih. Daun tumbuhan kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas. Rasa dan aroma tersebut kemudian membuat daun ini banyak digunakan sebagai lalap makan bersama penyet ikan.

Berikut adalah beberapa Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat daun kemangi yang pertama adalah sebagai obat penjaga kesehatan mata. Daun kemangi mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata.

2. Mengatasi Bau Mulut
Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa daun kemangi juga sangat ampuh mengobati masalah bau mulut. Selain bau mulut, kemangi juga mampu menanggulangi bau badan yang tidak sedap.

3. Melawan Menopouse Dini
Dibalik aromanya yang khas, daun kemangi merupakan tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat penunda menopouse. Daun kemangi merupakan daun yang mengandung zat triptofan yang mampu menghambat datangnya menopouse.

4. Mengobati Batuk dan Pilek
Khasiat daun kemangi yang berikutnya adalah sebagai pencegah batuk pilek. Daun yang kerap dijadikan lalapan ini mengandung zat yang mampu menjauhkan bakteri penyebab batuk dan pilek. 

5. Mengobati Keputihan
Di dalam daun kemangi terdapat kandungan antibiotik alami yang mampu membunuh kuman penyebab keputihan. Cara memakainya adalah dengan memakan daun kemangi mentah-mentah bersama nasi. Selain dapat menghindari keputihan, daun kemangi juga mampu menjaga aroma alat reproduksi agar tetap sedap.

Demikian yang dapat saya share dan Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
Thanks for your comment