Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Ilustrasi Temulawak
Khasiat dan manfaat temulawak berikut ini tentu tidak lepas dari kemampuan zat seperti pati, protein, abu, serat, kerkumin, minyak atsiri, phelandren, kamfer, turmoerol, borneol, sineal, dan xanthorrizol yang terdapat di dalamnya.
1. Penghancur batu empedu
Kolagoga merupakan zat yang juga tersimpan dalam tanaman ini, salah satu fungsinya sebagai obat peluruh atau penghancur batu empedu. Faktor pencetusnya adalah hiperkolesterolemia, penyumbatan dan radang pada saluran empedu.
Pasien dianjurkan melakukan pengobatan dari tumbuhan yang mengandung zat kolagoga ini disertai dengan menjalani diet kolesterol tingkat lanjut selama 3 atau 4 bulan setelah batu empedu hancur atau larut.
2. Perangsang nafsu makan
Tidak terkondisikannya nafsu makan dapat memancing berbagai penyakit. Untuk mengembalikan nafsu makan diperlukan langkah yang kiranya dapat merangsang atau memperbaiki keinginan makan.
Temulawak mengandung sifat karminativum yang mana secara pra klinis maupun klinis mempunyai kemampuan dalam hal meningkatkan nafsu makan. Sementara cara pemakaian itu sendiri dapat Anda lihat dari panduan berikut.

3. Pelihara saluran cerna
Dari hasil uji secara pra klinik ditemukan adanya serbuk rimpang yang mempunyai peranan di dalam cairan lambung sehingga memberikan efek positif terhadap usus halus, yaitu mengurangi kontraksi yang terjadi serta membantu proses metabolisme tubuh.

4. Mengatasi radang sendi
Temulawak bersifat anti-inflamasi berkat kandungan kurkumin yang tertanam di dalamnya. Jumlah zat kimia tersebut setara dengan 100 mg fenilbutazon, yaitu zat yang biasa digunakan untuk mengurangi nyeri dan radang sendi.
Mekanismenya yaitu melalui penghambatan migrasi yang dilakukan sel-sel leukosit ke daerah radang atau melalui penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yang bernama prostagladin. Berlangsungnya proses tersebut secara klinis ditemukan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.
5. Menurunkan lemak dalam darah
Komponen yang diperkirakan mempunyai peran untuk menurunkan lemak dalam darah dari tanaman rimpang ini adalah kurkuminoid. Di samping itu para peneliti juga menemukan kemampuan dari ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya dalam menurunkan kolesterol jahat, trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik.
6. Memelihara kondisi kesehatan
Zat berupa kurkumin berguna sebagai antioksidan yang mempunyai kemampuan dalam menangkal radikal bebas oksigen seperti anion superoksid, serta menepis radikal hidroksil yang membantu memelihara kondisi kesehatan tubuh.
Anda bisa minum air rebusan ekstrak temulawak kering sehari 3 kali dengan takaran tiap minum sebanyak 250 - 500 mg.
7. Mengobati jerawat
Belum diketahui secara pasti bahwa temulawak berkontribusi dalam membunuh bakteri penyebab jerawat ataupun hal lain. Tetapi khasiatnya untuk mengobati jerawat telah banyak membantu sebagia orang.
 
Demikian yang dapat saya share dan Semoga Bermanfaat
Previous
Next Post »
Thanks for your comment