Apa Itu Website - Pengertian Website

Website In PC / Pad / Phone

Apa itu Website atau Situs Web? Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.

Dengan kata lain Website adalah sebuah cara untuk menampilkan diri di Internet. Dapat diibaratkan Website adalah sebuah tempat di Internet, siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang informasi yang disajikan, memberikan pertanyaan, memberikan masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk.

Penemu situs web adalah Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari “Tim” ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip.

Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Website Bisa Digolongkan Menjadi 3 Bagian, yaitu :
  1. Website Statis
  2. Website Dinamis
  3. Website Interaktif
Fungsi - Fungsi Utama Website, yaitu :
  1. Membuat pengumuman atau pemberitahuan
  2. Memberikan pelayanan kepada customer
  3. Menerima masukan dari pengunjung / customer
  4. Membagi dan mendistribusi file dan foto
  5. Berkomunikasi langsung dengan Customer yang berada di belahan dunia manapun
Nah, demikian yang dapat saya share tentang Website dan Semoga Bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment