Penyebab Seseorang Mengalami Sesak Nafas

Sesak Nafas
Sesak nafas sendiri adalah kondisi ketika Anda kesulitan dalam bernafas atau tidak cukup mendapat asupan udara. Seseorang mengalami sesak nafas bisa karena faktor obesitas, berolahraga terlalu berat, berada di tempat dengan suhu ekstrem, atau berada di daerah dengan ketinggian tertentu. 

Namun apabila sesak nafas disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka biasanya disebabkan oleh :
  1. Pilek.
  2. Alergi.
  3. Asma.
  4. Anemia.
  5. Sinusitis.
  6. Tuberkulosis.
  7. Tekanan darah rendah.
  8. Patah tulang rusuk.
  9. Keracunan karbonmonoksida.
  10. Pneumonia (paru-paru basah).
  11. Kanker paru-paru.
  12. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
  13. Gangguan pada jantung seperti gagal jantung, serangan jantung, atau aritmia jantung.
Dari kondisi yang telah disebutkan di atas, penyebab umum yang kerap memicu kondisi sesak nafas adalah asma, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan jantung. Sesak nafas yang disebabkan oleh kondisi tersebut biasanya berlangsung dalam jangka panjang.

Untuk mengetahui penyebab sesak nafas yang Anda rasakan, sebaiknya kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan keluarga. Pemeriksaan fisik dan berbagai tes juga akan dilakukan, contohnya tes darah, X-ray rongga dada dan tes pernapasan spirometri.

Pada pernapasan spirometri akan diketahui berapa banyak udara yang bisa Anda hembuskan dan seberapa cepat Anda menghembuskannya. Tes ini juga bisa dijadikan alat untuk mendiagnosis apakah Anda mengidap PPOK atau tidak.

Tes alergi juga mungkin bisa membantu dokter mengetahui penyebab sesak nafas . Salah satu penyebab utamanya adalah asma, tapi pemicu terbesar asma adalah alergi. Pada sebagian kasus, dokter akan menggunakan metode CT scan atau X-ray guna mengetahui kondisi jantung, paru-paru, serta tulang Anda.

Mengetahui penyebab pasti mengapa Anda sesak nafas sangat penting karena akan dijadikan patokan untuk menangani sesak nafas yang dialami secara efektif.

Nah, demikian yang dapat saya share tentang Penyebab Seseorang Mengalami Sesak Nafas dan Semoga Bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment