Pengertian VPN - Apa Itu VPN?

Virtual Private Network
VPN merupakan singkatan Virtual Private Network, yaitu sebuah koneksi private melalui internet atau jaringan publik.Dengan menggunakan jaringan publik ini, kita dapat tergabung dalam jaringan lokal, mendapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti ketika Anda berada di jaringan LAN.

Ada 3 fungsi VPN berikut pembahasan fungsi vpn:

1. Confidentiality (Kerahasiaan)
Melindungi data anda agar aman dan orang lain tidak dapat menyadap data anda karena menggunakan teknologi enkripsi ini yang tidak mudah untuk membacanya karena ter-acak.Jadi data anda akan aman dan tidak di akses oleh siapapun.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)
 Melindungi data agar tidak rusak saat mengirim ke tujuan.Jika mengirim data menggunakan internet biasa,hal yang mungkin terjadi adalah data rusak,cacat,dan dimanipulasi oleh orang-orang yang iseng saat pemgiriman data sudah ada di tengah perjalanan.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Melakukan pemeriksaan terhadap data yang masuk dan mengambil informasi sumber data yang di terima.Jika data tidak layak untuk di terima,VPN akan menolak data tersebut begitupun sebaliknya jika data layak di terima dan sumbernya jelas VPN akan meyutujui dan menerima data tersebut.

Demikian yang dapat saya share dan Semoga Bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment